PERJALANAN PANJANG WONOSOBOHITZ


PERJALANAN PANJANG WONOSOBOHITZ

 

Berlatar belakang bukan sebagai penulis mungkin akan sedikit aneh, yang pasti seperti inilah kisah ini dimulai. Ketika itu bulan Ramadhan telah tiba, sekiranya 3 Tahun yang lalu. Itulah awal ketertarikan mimin pada Aplikasi Instagram yang sebelumnya saya pandang sebelah mata seperti kebanyakan orang. Namun karena rasa penasaran itu juga yg membuat saya semakin terjerumus. Sampai akhirnya pada waktu itu saya coba iseng-iseng mencari tempat wisata yg bagus di Kota ini “Wonosobo”. Alangkah terkejutnya ketika tidak mendapati satupun akun yg mencoba mempromosikan Kota Dingin dengan berjuta keindahan ini. Sedangkan pada waktu itu, kota-kota tetangga sudah mempunyai ribuan followers.

Kita sebut saja kawasan Wisata Dieng Plateau, memang benar kawasan itu terdiri dari beberapa wilayah Kabupaten antara lain Banjarnegara, Batang dan Wonosobo. Namun yang jadi pertanyaan, apakah rela apabila orang menyebut Dieng itu sebagai wisatanya Kabupaten tetangga? Maka dari itulah saya tergerak untuk mempromosikan wisata alam, budaya dan kearifan lokal Wonosobo ini ke kancah internasional. Salah satunya melalui media online, mimin berharap orang menyebut Dieng itu ya Wonosobo bukan yg lainnya. Begitu juga Waduk Wadaslintang orang akan menyebutnya sebagai wisata Wonosobo bukan Kebumen atau lainnya. Belajarlah dari sejarah, ketika bangsa ini malu menyebut dirinya sebagai bangsa Melayu sehingga kehilangan identitas aslinya. Dunia Internasional lebih mengenal Malaysia sebagai bangsa Melayu dibandingkan dengan kita yang notabennya memiliki jumlah penduduk yang jauh lebih banyak, karena mereka dengan bangganya mempromosikan dirinya sebagai Melayu. Sedangkan kita malah menganggap hal itu kuno dan cenderung kebarat-baratan.

Jauh melebihi prediksi. Itulah yang mimin rasakan, awalnya mimin kira followers dari @Wonosobohitz tak akan lebih dari 10.000 followers, karena pada waktu itu sempat terpikir “Berapa sih jumlah masyarakat Wonosobo yang memiliki akun Instagram?” ternyata memang pesonanya menarik ratusan ribu pasang mata untuk melihatnya, bahkan banyak sekali pujian dari kalangan internasional tentang keindahan alam kita. Yang sangat mimin sayangkan, seolah Dinas Pariwisata Wonosobo sendiri tidak memandang dunia maya itu prospek yg menarik, mungkin kurangnya generasi muda yang inspiratis didalamnya sehingga mereka masih terpaku dengan promosi-promosi tradisional seperti surat kabar, flayer dan sepanduk yang notabennya kurang efektif untuk era modern seperti sekarang. Mimin rasa kita perlu belajar dari Banyuwangi yang begitu getol dan kerennya mereka mempromosikan wisata Daerah lewat dunia maya. Bahkan menjadi salah satu terbaik di Dunia.

Pembiayaan. Banyak orang bertanya sumber pembiayaan selama ini. Jujur saja segala pembiayaan dari uang pribadi. Selama ini belum pernah sama sekali mimin mendapat support bantuan dari Pemda/Dinas Pariwisata Wonosobo. Yahhh nggk masalah sih  itung-itung itu semua salah satu bentuk pengabdian kita sebagai anak Daerah.  Untuk pembiayaan, Alhamdulillah tercukupi dari mereka yang endorse atau beriklan, serta hasil penjualan Marchendaise hehe. Makanya beli Marchendais @Wonosobohitz ya biar kita eksis terus.

Pembuatan Website dan Forum Diskusi. Puji syukur kepada Tuhan YME bulan ini Website WWW.WONOSOBOHITZ.COM akan segera lounching, yang perlu diingat bahwa website ini bukanlah website berita ya guys. Tujuan dibuatnya website ini adalah sebagai media kreatifitas kalian, Asikkan? Kalian membuat karya dan dilihat banyak orang. Semoga melalui media baru ini kalian menjadi semakin kreatif dan percaya diri dengan karya kalian sendiri dan dapat menginspirasi banyak orang atau menjadi batu loncatan kalian untuk berkarya lebih jauh lagi, cukup kirim karya kalian saja ke email kita di : Wonosobohitz@gmail.com bisa berupa apapun yang bermanfaat. Seperti Cerpen, Puisi, Lagu, Vlog, Tips & Trick dan masih banyak lagi.

Untuk Forum Wonosobohitz sendiri sudah kita bentuk sejak beberapa bulan lalu di Aplikasi Telegram dan mendapat respon yg cukup positif dari para pengguna/netizen. Forum ini kita buat sebagai media diskusi dan silaturahmi antar anggota, masyarakat Wonosobo pada khususunya dan masyarakat dari daerah lain pada umumnya. Jadi dsini kalian bebas ngobrol/diskusi apa saja tentunya yang tidak melanggar hukum dan berbau rasis ya guys. Semoga dengan adanya forum ini akan terbentuk rasa persaudaraan dan dapat menjalin relasi atau silaturahmi antar sesama. Yang mau gabung bisa klik link berikut ini : https://t.me/joinchat/AAAAAD-JT-1cttGmeoNJmg

Akhir kata mimin ucapkan terimakasih kepada semua pihak yg telah mensupport mimin selama ini. Kepada keluarga, teman, para pengiklan, fotografer, kalian semua yang telah share dan berbagi foto dengan kita dan tentunya mantan mimin yg telah mensupport dan selalu pengertian selama ini. Doakan saja semoga apa yg mimin usahakan selama ini bermanfaat dan menghibur bagi kalian semua. I love You All.

What's Your Reaction?

Cute
1
Cute
Fail
0
Fail
Geeky
0
Geeky
Lol
0
Lol
Love
1
Love
OMG
1
OMG
Win
0
Win
Wtf
0
Wtf
Yaaas
0
Yaaas

Comments 2

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PERJALANAN PANJANG WONOSOBOHITZ

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format